Pengobatan diabetes!

7 Olahraga untuk Penderita Diabetes yang Direkomendasikan

Rekomendasi Olahraga untuk Penderita Diabetes

Rutin berolahraga mampu membantu tubuh mengendalikan kadar gula dalam darah, tak terkecuali bagi penderita diabetes. Bahkan, aktivitas ini juga dapat menurunkan risiko komplikasi diabetes seperti hiperglikemia.

Ketika melakukan gerakan olahraga, otot akan berkontraksi dengan merangsang mekanisme penggunaan glukosa. Mekanisme tersebut akan mendorong sel-sel tubuh mengambil glukosa dan mengubahnya menjadi energi agar tubuh memiliki tenaga untuk melakukan aktivitas fisik.

Beberapa jenis olahraga untuk penderita diabetes yang aman dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Senam Diabetes

Olahraga untuk penderita diabetes yang pertama adalah senam diabetes. Aktivitas ini berfokus pada gerakan fisik yang disesuaikan dengan irama/musik pengiring. Senam diabetes membantu melancarkan sirkulasi udara dalam tubuh, sehingga meningkatkan metabolisme dan membuat penyerapan insulin bekerja lebih baik.

Gerakan senam diabetes mirip dengan olahraga senam pada umumnya. Di mana setiap gerakannya bermanfaat untuk meregangkan dan merilekskan sendi dan otot.

2. Jalan Cepat

Jalan cepat adalah olahraga untuk penderita diabetes yang cukup ringan dan mudah dilakukan. Jalan cepat merupakan salah satu latihan aerobik yang bermanfaat meningkatkan denyut jantung dan membuat aliran darah lebih lancar.

Saat melakukan jalan cepat, Anda dapat mengatur intensitasnya sesuai dengan kondisi kesehatan serta kemampuan fisik Anda. Bila merasa cukup kuat, Anda dapat mengoptimalkan hasilnya dengan melakukan hiking atau berjalan sambil menanjak.

3. Yoga

Olahraga untuk penderita diabetes yang selanjutnya adalah yoga. Yoga memiliki gerakan tubuh yang bertujuan membangun kelenturan, keseimbangan, dan kekuatan. Selain baik untuk kesehatan fisik, yoga juga bermanfaat bagi kesehatan mental.

Melakukan yoga dapat membantu penderita diabetes terhindar dari stres, melawan resistensi insulin, memperbaiki fungsi saraf, dan mengontrol kadar gula darah. Penderita diabetes dapat melakukan yoga sesering mungkin sesuai kondisi kesehatannya.

Agar lebih seimbang, jangan lupa untuk mengiringi aktivitas ini dengan mengonsumsi makanan yang baik bagi penderita diabetes. Asupan makanan turut berpengaruh besar terhadap kadar gula dalam darah.

4. Senam Kaki Diabetes

Jenis olahraga untuk penderita diabetes yang dianjurkan selanjutnya adalah senam kaki. Senam kaki dapat Anda lakukan di mana saja dan kapan saja, baik saat menonton TV, berbaring, atau berdiri. Berikut gerakan yang dapat Anda coba untuk senam kaki:

Gerakkan kaki dengan cara mengangkat dan menurunkan kedua tumit secara bergantian, atau dengan memutar pergelangan kaki ke luar dan ke dalam.
Lakukan peregangan jari-jari kaki.
Mengangkat kaki hingga membentuk sudut 90 derajat kemudian turunkan. Lakukan berulang dan bergantian untuk kedua kaki.

5. Latihan Angkat Beban

Latihan angkat beban bermanfaat untuk menaikkan massa otot. Ketika massa otot bertambah, maka gula darah akan lebih mudah dikendalikan. Latihan ini juga membantu tubuh merespon insulin dengan baik.

Hasilnya, tubuh mampu memperbaiki penyerapan dan penggunaan gula darah dengan optimal. Tetapi, untuk melakukan olahraga ini Anda harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu karena risiko cederanya cukup tinggi.

6. Bersepeda

Bersepeda dianjurkan sebagai olahraga untuk penderita diabetes. Olahraga ini bermanfaat meningkatkan aliran darah ke kaki dan dapat membakar kalori sehingga berat badan penderita diabetes tetap terjaga. Anda dapat menggunakan sepeda statis untuk menghindari risiko terjatuh atau cedera.

7. Berenang

Berenang dianggap sebagai jenis olahraga untuk penderita diabetes yang cukup ideal karena tidak memberikan tekanan pada sendi. Berenang bermanfaat untuk melatih otot seluruh tubuh. Aktivitas ini juga dapat meredakan gejala diabetes seperti kesemutan atau mati rasa di bagian kaki.

Sekian informasi mengenai sederet olahraga untuk penderita diabetes. Saat berolahraga, penderita diabetes wajib menggunakan alas kaki yang tebal, nyaman, dan sesuai bentuk kaki. Tujuannya untuk menghindari risiko terjadinya lecet atau cedera pada permukaan kaki yang berpotensi menjadi ulkus.

Selain melakukan olahraga secara rutin dan memperhatikan pola makan, penderita diabetes juga dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan rutin dengan dokter, seperti pemeriksaan Diabetes Advanced yang tersedia di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi dan Siloam Hospitals Lippo Village.